1.29.2014

SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT

























































PROSEDUR-PROSEDUR SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT

-            Prosedur penerimaan purchase order
Bagian marketing penjualan menerima PO dari customer baik melalui email, faximile yang berupa purchase order maupun melalui salesman yang melakukan kunjungan langsung ke perusahaan. Kemudian PO tersebut digunakan untuk melakukan negosiasi harga dan membuat SPPB setelah itu langsung di arsip di file master PO.

-            Prosedur negosiasi harga
Berdasarkan PO yang telah diterima, kemudian bagian marketing penjualan melakukan negosiasi harga dengan custumer via telp atau email. Jika suda ada kesepakatan harga, maka PO tersebut ditandatangani sebagai bukti bahwa PO tersebut telah disetujui dan di arsip di file master. Setelah PO disetujui dibuatkan Surat Perintah Pengiriman Barang (SPPB) sebanyak dua lembar yaitu lembar  1 diserahkan ke bagian gudang & Pengiriman dan lembar ke 2 ke bagian keuangan.


-            Prosedur pengecekan stok barang
Setelah menerima SPPB dari bagian marketing penjualan lalu bagian gudang dan pengiriman mencetak stok barang yang ada di gudang. Jika barang yang diminta stoknya masih tersedia, maka stoknya masih tersedia, maka langsung dibuatkan surat jalan (SJ) 3 lembar. Lembar 2&3 diserahkan ke Bagian Keuangan untuk disetujui dan lembar 1 serta SPPB lembar  1 yang telah disetujui diarsipkan.

-            Prosedur pembuatan invoice
Surat jalan dan SPPB yang telah diterima oleh Bagian Keuangan setelah itu dibuatkan invoice 3 lembar dan kwitansi dua lembar berdasarkan surat jalan dan SPPB yang telah disetujui. Kemudian invoice lembar 1 dan 2, kwitansi lembar 1 dan surat jalan lembar 2 yang telah disetujui di serahkan ke bagian gudang dan pengiriman, sedangkan invoice lembar ketiga, kwitansi lembar kedua, surat jalan bersama dengan barang dikirim ke custumer.

-            Prosedur validasi dokumen
Invoice, kwitansi dan surat jalan yang telah diterima dari bagian gudang dan pengiriman kemudian di chek apakah sudah lengkap dokumennya sesuai dengan permintaan konsumen, jidak sudah selesai , invoice, kwitansi, dan surat jalan bersama dengan barang dikirim ke custumer.

-            Prosedur pembuatan laporan

Setiap akhir bulan bagian keuangan membuat laporan keuangan penjualan untuk mengetahui penjualan selama satu bulan berdasarkan invoice, kwitansi dan PO kemudian setelah itu diserahkan kepada Direktur Utama.

0 komentar: