PROSEDUR-PROSEDUR SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN
KREDIT
-
Prosedur penerimaan purchase order
Bagian
marketing penjualan menerima PO dari customer baik melalui email, faximile yang
berupa purchase order maupun melalui salesman yang melakukan kunjungan langsung
ke perusahaan. Kemudian PO tersebut digunakan untuk melakukan negosiasi harga
dan membuat SPPB setelah itu langsung di arsip di file master PO.
-
Prosedur negosiasi harga
Berdasarkan
PO yang telah diterima, kemudian bagian marketing penjualan melakukan negosiasi
harga dengan custumer via telp atau email. Jika suda ada kesepakatan harga,
maka PO tersebut ditandatangani sebagai bukti bahwa PO tersebut telah disetujui
dan di arsip di file master. Setelah PO disetujui dibuatkan Surat Perintah Pengiriman
Barang (SPPB) sebanyak dua lembar yaitu lembar 1 diserahkan ke bagian gudang & Pengiriman
dan lembar ke 2 ke bagian keuangan.
-
Prosedur pengecekan stok barang
Setelah menerima SPPB
dari bagian marketing penjualan lalu bagian gudang dan pengiriman mencetak stok
barang yang ada di gudang. Jika barang yang diminta stoknya masih tersedia,
maka stoknya masih tersedia, maka langsung dibuatkan surat jalan (SJ) 3 lembar.
Lembar 2&3 diserahkan ke Bagian Keuangan untuk disetujui dan lembar 1 serta
SPPB lembar 1 yang telah disetujui
diarsipkan.
-
Prosedur pembuatan invoice
Surat
jalan dan SPPB yang telah diterima oleh Bagian Keuangan setelah itu dibuatkan
invoice 3 lembar dan kwitansi dua lembar berdasarkan surat jalan dan SPPB yang
telah disetujui. Kemudian invoice lembar 1 dan 2, kwitansi lembar 1 dan surat
jalan lembar 2 yang telah disetujui di serahkan ke bagian gudang dan
pengiriman, sedangkan invoice lembar ketiga, kwitansi lembar kedua, surat jalan
bersama dengan barang dikirim ke custumer.
-
Prosedur validasi dokumen
Invoice,
kwitansi dan surat jalan yang telah diterima dari bagian gudang dan pengiriman
kemudian di chek apakah sudah lengkap dokumennya sesuai dengan permintaan
konsumen, jidak sudah selesai , invoice, kwitansi, dan surat jalan bersama
dengan barang dikirim ke custumer.
-
Prosedur pembuatan laporan
Setiap akhir
bulan bagian keuangan membuat laporan keuangan penjualan untuk mengetahui
penjualan selama satu bulan berdasarkan invoice, kwitansi dan PO kemudian
setelah itu diserahkan kepada Direktur Utama.
0 komentar:
Posting Komentar