Oleh Azkia Fithri
1.
Psikopatologi anak adalah manifestasi dari gangguan psikologis pada anak-anak dan remaja. Oposisi pemberontak gangguan, perhatian-deficit hyperactivity
disorder, dan gangguan perkembangan menyeluruh anak
adalah contoh psikopatologi. Konselor, pekerja sosial, psikolog dan psikiater yang bekerja dengan anak-anak sakit mental
diinformasikan oleh penelitian dalam psikologi perkembangan, perkembangan
psikopatologi, psikologi anak klinis, dan sistem keluarga. Kecenderungan saat
ini di AS adalah memahami psikopatologi anak dari sebuah sistem yang
disebut perspektif berdasarkan perkembangan psikopatologi. Baru-baru ini
juga telah menekankan pada pemahaman gangguan psikologis dari perspektif
relasional dengan perhatian juga diberikan kepada neurobiologi.
2.
Child psychopathology is the manifestation of psychological disorders in children and adolescents.
Oppositional defiant disorder, attention-deficit hyperactivity
disorder, and pervasive developmental disorder
are examples of child psychopathology. Counselors, social
workers, psychologists and psychiatrists
who work with mentally ill children are informed by research in developmental psychology, developmental
psychopathology, clinical child psychology, and family systems. The current
trend in the U.S.
is to understand child psychopathology from a systems based perspective called developmental psychopathology. Recent
emphasis has also been on understanding psychological disorders from a
relational perspective with attention also given to neurobiology.
Pengertian Psikopatologi
a.
Menurut Iman Setiadi
Arif, M.Si, Psi dalam bukunya yang berjudul Dinamika Kepribadian, Gangguan dan
Terapi (2006), mengatakan bahwa psikopatologi adalah adanya gangguan pada
dialektika antara realitas eksternal dan internal individu yang mengakibatkan
munculnya gejala – gejala ketidaksejahteraan dan ketidak bahagiaan, secara
kognitif dan / atau afektif dan / atau fisiologis, baik pada tingkatan yang
ringan sampai pada tingkatan yang berat ; dan dapat berlangsung dengan relatif
singkat sampai dengan jangka waktu yang panjang.
b. Menurut Prof.
Dr. Sutardjo A. Wiramihardja,Psi dalam pengantar Psikologi Abnormal (2005),
mengatakan bahwa Psikopatologi bila di definisikan mengacu pada studi mengenai
perilaku abnormal / gangguan mental, menyangkut wilayah ilmu pengetahuan.
Identik dengan psikologi abnormal dan gangguan mental.
c. Menurut Drs. MIF
Baihaqi, M.Si,dkk dalam bukunya Psikiatri, Konsep – konsep dan Gangguan –
gangguan (2005), Psikopatologi berarti ilmu yang secara khusus melakukan kajian
tentang perilaku abnormal atau gangguan mental.
Psikopatologi
anak dan remaja adalah fungsi kepribadian yg abnormal yang dialami oleh anak
dan remaja sebagai cabang ilmu kedokteran jiwa yang mempelajari :
Gejala-gejala
dalam tingkah laku / pikiran / perasaan dan
lain-lain fungsi psikis, variasi dalam kelainan pola reaksi total dari individu
ialah dalam bentuk gangguan kepribadian
Psikopatologi
sendiri: bermanifestasi sebagai cara bertingkah laku yang dianggap tidak sesuai
oleh masyarakat.
Child and Adolescent Psychopathology
provides a unique opportunity to expose students to a cutting-edge approach to
childhood and adolescent disorders by addressing and integrating the most
current research on the genetic, neurobiological, and environmental factors
that contribute to them. The text also emphasizes how, when, and why disorders
emerge among young people and in what ways symptom profiles change at different
stages of development.
0 komentar:
Posting Komentar