3.23.2013

BEBERAPA PENGERTIAN DARI PSIKOPATOLOGI ANAK DAN REMAJA


Oleh Azkia Fithri
1.      Psikopatologi anak adalah manifestasi dari gangguan psikologis pada anak-anak dan remaja. Oposisi pemberontak gangguan, perhatian-deficit hyperactivity disorder, dan gangguan perkembangan menyeluruh anak adalah contoh psikopatologi. Konselor, pekerja sosial, psikolog dan psikiater yang bekerja dengan anak-anak sakit mental diinformasikan oleh penelitian dalam psikologi perkembangan, perkembangan psikopatologi, psikologi anak klinis, dan sistem keluarga. Kecenderungan saat ini di AS adalah memahami psikopatologi anak dari sebuah sistem yang disebut perspektif berdasarkan perkembangan psikopatologi. Baru-baru ini juga telah menekankan pada pemahaman gangguan psikologis dari perspektif relasional dengan perhatian juga diberikan kepada neurobiologi.
2.      Child psychopathology is the manifestation of psychological disorders in children and adolescents. Oppositional defiant disorder, attention-deficit hyperactivity disorder, and pervasive developmental disorder are examples of child psychopathology. Counselors, social workers, psychologists and psychiatrists who work with mentally ill children are informed by research in developmental psychology, developmental psychopathology, clinical child psychology, and family systems. The current trend in the U.S. is to understand child psychopathology from a systems based perspective called developmental psychopathology. Recent emphasis has also been on understanding psychological disorders from a relational perspective with attention also given to neurobiology.
Pengertian Psikopatologi
a.       Menurut Iman Setiadi Arif, M.Si, Psi dalam bukunya yang berjudul Dinamika Kepribadian, Gangguan dan Terapi (2006), mengatakan bahwa psikopatologi adalah adanya gangguan pada dialektika antara realitas eksternal dan internal individu yang mengakibatkan munculnya gejala – gejala ketidaksejahteraan dan ketidak bahagiaan, secara kognitif dan / atau afektif dan / atau fisiologis, baik pada tingkatan yang ringan sampai pada tingkatan yang berat ; dan dapat berlangsung dengan relatif singkat sampai dengan jangka waktu yang panjang.
b. Menurut Prof. Dr. Sutardjo A. Wiramihardja,Psi dalam pengantar Psikologi Abnormal (2005), mengatakan bahwa Psikopatologi bila di definisikan mengacu pada studi mengenai perilaku abnormal / gangguan mental, menyangkut wilayah ilmu pengetahuan. Identik dengan psikologi abnormal dan gangguan mental.
c. Menurut Drs. MIF Baihaqi, M.Si,dkk dalam bukunya Psikiatri, Konsep – konsep dan Gangguan – gangguan (2005), Psikopatologi berarti ilmu yang secara khusus melakukan kajian tentang perilaku abnormal atau gangguan mental.
Psikopatologi anak dan remaja adalah fungsi kepribadian yg abnormal yang dialami oleh anak dan remaja sebagai cabang ilmu kedokteran jiwa yang mempelajari :
Gejala-gejala dalam tingkah laku / pikiran / perasaan  dan lain-lain fungsi psikis, variasi dalam kelainan pola reaksi total dari individu ialah dalam bentuk gangguan kepribadian
Psikopatologi sendiri: bermanifestasi sebagai cara bertingkah laku yang dianggap tidak sesuai oleh masyarakat.
Child and Adolescent Psychopathology provides a unique opportunity to expose students to a cutting-edge approach to childhood and adolescent disorders by addressing and integrating the most current research on the genetic, neurobiological, and environmental factors that contribute to them. The text also emphasizes how, when, and why disorders emerge among young people and in what ways symptom profiles change at different stages of development.

0 komentar: