12.28.2011

Analisis Laporan Keuangan Perusahaan (aktivitas investasi pada aktivitas derivatif perusahaan)

Derivatif
Fluktuasi perkembangan bisnis menjadikan perusahaan menghadapi berbagai macam resiko dari usahanya salah satunya adalah resiko pasar. Resiko ini timbul sebagai akibat dari profitabilitas operasi usaha yang sangat sensitif terhadap fluktuasi pada berbagai area seperti komoditi, tingkat pertukaran mata uang asing, dan tingkat bunga. Kekuatan pasar sangat mempengaruhi faktor-faktor tersebut.
Untuk memperoleh laba yang besar perusahaan mungkin dapat mengendalikan volumen produksi dari emas tersebut dan biaya produksinya. Namun perusahaan tidak dapat mengendalikan harga spot mas. Harga ini ditentukan oleh harga yang beredar di dalam pasar. Pada teks ini perusahaan manghadapi resiko harga komoditas (commodity price risk). Resiko lain yang perlu diperhatikan adalah resiko mata uang asing. Akibat nilai uang yang berbeda-beda di masing-masing negara maka perusahaan dapat menanggung resiko kerugian akibat perbedaan mata uang uang. Resiko ini disebut dengan resiko mata uang asing (foreign currenci risk). Resiko lain yang mungkin terjadi adalah resiko atas selisihbunga. Misal perusahaan memperoleh pinjaman dari suatu bank dengan tingkat bunga fluktuatif, apabila tingkat bunga di pasar semakin tinggi maka perusahaan mengalami kerugian yang besar akibat kanaikan suku bunga ini. Resiko yang demikian ini disebut resiko tingkat suku bunga (interest rate risk).
Perusahaan dalam melakukan aktivitasnya menghadapi berbagai macam resiko pasar mulai dari resiko harga komoditas (commodity price risk), resiko pertukaran mata uang asing (foreign currency risk), atau resiko tingkat suku bunga (Interest rate risk). Untuk itu perusahaan perlu mengurangi adanya resiko yang terjadi di pasar. Untuk mengurangi resiko pasar tersebut perusahaan dapat melakukan upaya yaitu transaksi lindung nilai (hedging transaction). Lindung nilai (hedge) merupakan kontrak yang bertujuan untuk melindungi perusahaan dari resiko pasar. Transaksi lindung nilai ini seperti perusahaan yang melakukan transaksi asuransi, dimana perusahaan mengharapkan imbal hasil walaupun tidak terjadi resiko pasar. Terdapat beberapa macam jenis transaksi lindung nilai seperti kontrak masa depan (futures), opsi, dan swap yang meruapakan bagian dari instrument keuangan derivatif atau lebih ringkas kita sebut derivatif. Derivatif (derivatif) merupakan instrumen yang nilainya berasal dari aktiva, kelompo aktiva, atau variabel ekonomis seperti saham, obligasi, harga komoditas, tingkat suku bunga, atau kurs valuta asing. Namun perlu diperhatikan bahwa lindung nilai atau derivatif membuat perusahaan mengalami resiko tertentu pula. Sangat sulit mendapatkan derivatif yang mampu melindungi perusahaan dari resiko pasar secara menyeluruh. Derivatif banyak pula yang digunakan sebagai upaya spekulasi perusahaan dalam menghadapi resiko pasar.
Terdapat beberapa jenis dari derivatif seperti yang dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya. Salah satunya adalah kontrak masa depan (futures contract). Kontrak masa depan (futures contract) didefinisikan sebgai perjanjian antara dua atau lebih pihak untuk membeli atau menjual komoditas tertentu atau aktiva keuangan tanggal tertentu di masa yang akan datang (yang disebut tanggal penyerahan) pda harga tertentu. Kontrak seperti ini dapat dibuat untuk berbagai komoditas dan aktiva keuangan.
Kontrak swap (swap contract) merupakan salah satu dari jenis derivatif. Kontrak swap (swap contract) merupakan perjanjian antara dua pihak atau lebih untuk menukar arus kas masa depan. Kontrak ini biasanya digunakan sebagai perlindungan terhadap tingkat suku bunga dan resiko kurs valuta asing dimasa yang akan datang.
Kontrak opsi (option contract) memberikan hak pada suatu pihak (bukan kewajiban) untuk melakukan suatu transasksi. 
  1. Akuntansi Instrumen derivatif
Berbeda dengan akuntansi investasi pada efek, akuntansi untuk derivatif baik yang ada dalam aktiva maupun dalam pasiva di catat sesuai dengan nilai wajar yang dimiliki.
Keuntungan dan kerugian belum direalisasi pada lindung nilai atas nilai wajar seperti swap tingkat bunga fixed for floating, kontrak futures, opsi untuk melindungi nilai wajar sekuritas, dan lindung nilai atas komitmen masa depan untuk membeli atau menjual barang dengan tingkat harga tertentu di catat pada laporan laba rugi yang mempengaruhi profitabilitas saat ini.
Untuk keuntungan dan kerugian yang belum terealisi atas lindung nilai arus kas, swap tingkat suku bunga floating for fixed, lindung nilai atas ramalan penjualan komoditas dilaporkan sebagai pendapatan komprehensif (sebagai koponen ekuitas bukan sebagai komponen laba berjalan) kemudian transaksi tersebut pada tanggal efektif transaksi dipindahkan kedalam laporanlaba rugi perusahaan dengan prinsip offseting atau saling hapus dari transaksi itu sendiri.
  1. Pengungkapan instrumen derivatif
Perusahaan perlu mengungkapkan informasi kuantitatif dan kualitatif mengenai derivatif baik dalam catatan laporan keuangan atau pada tempat yang lain.

  1. Analisis derivatif
    1. Tujuan penggunaan derivatif
Perlu bagi seorang analis untuk mempelajari tujuan perusahaan dalam melakukan atau menggunakan derivatif. Sebagian besar perusahaan menggunakan derivatif untuk keperluan lindung nilai. Namun beberapa perusahaan melakukan lindung nilai untuk keperluan spekulasi. Mengidentifikasi tujuan perusahaan menggunaka derivatif sangat penting karena resiko yang terkait dengan derivatif spekulatif lebih tinggi dari pada resiko derivatif lindung nilai. Pada kasus lndung nilai resiko berasal dari tidak berasal dari pilihan strategis perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Melainkan berasal dari masalah dari lindung nilai baik karena lindung nilai yang tidak sempurna atau karena kejadian yang tidak diharapkan. Pada kasus spekulasi perusahaan membuat pilihan statergis untuk menanggung resiko pergerakan pasar.

    1. Cakupan dalam laba operasi dan non operasi
Permasalahan lain dari derivatif adalah apakah keuntungan dan kerugia perusahaan baik yang belum ataupun sudah direalisasi di masuka kedalam transaksi operasi atau non operasi. Untuk menjawab pertanyaan ini perlu memilahkan karena bentuk dari derivatif terbagi menjadi beberapa bagian yaitu instrumen lindung nilai atas nilai wajar, tingkat suku bunga, resiko valuta asing  dan harga komoditas. Untuk lindung nilai atas nilai wajar dan bunga perusahaan mengeluarkan dari aktivitas operasi perusahaan. Hal ini dikarenakan akan resiko bunga yang terjadi yang merupakan pos di luar aktivitas operasi perusahaan.
Untuk transaksi lindung nilai seperti lindung nilai atas valuta asing dan harga komoditas kalsifikasinya menjadi tidak jelas. Perlu dilakukan analisis lebih lanjut tas transaksi tersebut yaitu jika aktivitas lindung nilai bukan meruapakan bagian inti dari aktivitas perusahaan dimasukan ke dalam aktivitas non operasi perusahaan, dan jika memasukan dampak lindung nilai pada laba periode berjalan, laba operasi menutupi volatilitas dan arus kas operasi perusahaan.

2 komentar:

Erlina Tuty Sartika mengatakan...

Halo semuanya!!!

Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. tolong saya ingin Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan perusahaan Pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan Anda masih akan tidak mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban di 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati agar Anda tidak tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman baru REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 720 juta Rupiah. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti aturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. Saya sama-sama mendapat pinjaman dengan tingkat bunga hanya 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat ibu WhatsApp Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662


Harap Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan irlinatutysartika15@gmail.com


Semoga Allah selalu menyertai Anda semua. Berharap yang terbaik untuk mu

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Hubungi kami:
                                            
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)